5 Tips Mudah Belajar Mengaji

5 Tips Mudah Belajar Mengaji

Bagi seorang muslim memang diwajibkan untuk bisa membaca Al-Qur’an. Hal itu karena setiap kali melaksanakan ibadah sholat, pasti akan membaca surat-surat pendek yang ada dalam Al-Qur’an. Belajar mengaji atau membaca Al-Qur’an memang dapat dikatakan bukan suatu hal yang mudah, apalagi jika belajar dimulai saat sudah dewasa yang dimana pasti memiliki banyak kesibukan. Untuk itu, sebaiknya belajar Al-Qur’an sejak usia dini agar lebih cepat. Tidak perlu bingung tentang bagaimana cara memulai belajar Al-Qur’an supaya lebih mudah, karena berikut ini akan membahas tentang cara atau tips belajar Al-Qur’an yang mudah. Mari disimak!

Cara Belajar Al-Qur’an Mudah untuk Pemula

  1. Mengenal Huruf Hijaiyah dan Tanda Baca

Cara atau tips belajar Al-Qur’an yang pertama dimulai dengan mengenal huruf hijaiyah dan tanda baca terlebih dahulu. Huruf hijaiyah adalah huruf ejaan dalam Bahasa Arab sebagai Bahasa asli dari Al-Qur’an. Dapat dikatakan jika huruf hijaiyah seperti huruf alphabet atau abjad dalam Bahasa Indonesia. Sehingga jika anda ingin lancar membaca Al-Qur’an maka belajar huruf hijaiyah terlebih dahulu. Selain belajar huruf hijaiyah, anda juga harus mengenal dulu tanda baca atau harakat di dalam Al-Qur’an. Harakat memiliki fungsi untuk menentukan bagaimana pengucapan huruf hijaiyah atau dalam Bahasa Indonesia seperti A I U E O.

  1. Mengenal Bacaan Tajwid

Selanjutnya yang harus anda ketahui saat belajar Al-Qur’an adalah mengenal bacaan tajwid. Ilmu bacaan tajwid digunakan untuk mengetahui bagaimana membunyikan huruf Al-Qur’an dengan baik dan benar, seperti samar-samar, mendengung ataupun jelas. Bila dalam Bahasa Inggris, bacaan tajwid sama saja dengan grammar.

  1. Mengenal Isyarat Tanda Baca

Hal berikutnya yang harus dipelajari saat belajar membaca Al-Qur’an adalah mengetahui isyarat tanda baca. Ada banyak isyarat tanda baca yang ada di dalam Al-Qur’an seperti contohnya Mad Arid Lissukun. Mad Arid Lissukun ini adalah jika ada huruf mad yang bertemu salah satu huruf hijaiyah di akhir kalimat, maka cara membacanya dimatikan dulu baru dipanjangkan.

  1. Siapkan Waktu untuk Belajar Membaca Al-Qur’an dengan Guru Ngaji

Tidak akan kata terlambat dalam belajar membaca Al-Qur’an. Untuk itu, segera siapkan waktu untuk belajar dan berlatih membaca Al-Qur’an mulai dari sekarang. Anda pun bisa menggunakan jasa guru ngaji untuk mengajari anda. Carilah guru ngaji yang memiliki metode ajar sesuai dengan kemampuan anda contohnya adalah guru ngaji privat di Depok. Dengan begitu anda akan cepat untuk bisa membaca Al-Qur’an.

  1. Belajar dengan Sungguh-Sungguh dan Terus Berlatih

Tips terakhir dalam belajar Al-Qur’an adalah belajarlah dengan sungguh-sungguh dan terus berlatih agar cepat bisa. Dengan anda rajin berlatih dan belajar akan cepat mahir anda dalam membaca Al-Qur’an. Perlu diingat juga jika memperbanyak membaca Al-Qur’an akan menambah banyak kebaikan untuk anda.

Demikianlah cara atau tips belajar Al-Qur’an yang mudah dan agar cepat bisa. Belajar tentang sesuatu terutama Al-Qur’an diperlukan niat yang kuat dari diri sendiri. Maka ketika belajar niatkanlah diri anda untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan begitu anda akan lebih bersemangat dalam belajar membaca Al-Qur’an.

rahman

Kategori