Ini Alasan Kenapa Kamu Tidak Boleh Mudik Saat Pandemi Corona

Ini Alasan Kenapa Kamu Tidak Boleh Mudik Saat Pandemi Corona

Soal Mudik, Badan Penangguangan Bencana Nasional (BPNB) memperpanjang status darurat pandemic virus corona (Covid – 19) menjadi 91 hari, mulai dari 29 Febuari 2020 lalu hingga 29 Mei 2020 nanti. Sehinggal hal ini menandakan, status darurat virus corona ini akan melewati Hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada tanggal 23 Mei 2020.

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi telah menyatakan, pelarangan kegiatan mudik Lebaran 2020 untuk mencegah penyebaran wabah virus corona (Covid – 19) semakin luas dan meningkat dari hari ke hari.

Dengan adanya larangan mudik ini, banyak sekali masyarakat yang menyesalkan keputusan ini. Karena banyak masyarakat yang berharap bisa bertemu keluarganya, dan sanak saudara di kampung halaman. Tapi kalian juga perlu tau, larangan mudik ini adalah salah satu strategi jitu untuk menekan pandemic virus corona (Covid – 19) ini.  Berikut adalah alasan, kenapa sebaiknya seseorang tidak diperbolehkan mudik saat wabah virus corona ini:

5 Bahaya Mudik disaat Pandemi Virus Corona Covid-19

  1. Virus Corona Bisa Menyerang Siapa Saja Termasuk Orang Dewasa, anak-anak, dan Orang Tua

Penyebaran virus corona sejak kemunculannya di Indonesia, berlangsung secara masif. Virus ini bisa menyerang siapa saja, dimana saja, dan kapan saja dengan melalui kontak fisik. Jelang musim lebaran ini, jika masyarakat masih kekeh untuk pergi mudik status wabah virus corona ini dapat meningkat. Fakta lain juga membuktikan, semakin hari kasus positif di Indonesia terus bertambah dan begitu juga dengan angka kematiannya.

  1. Tidak Bisa Melakukan Physical Distancing

Presiden Jokowi telah menghimbau masyarakat untuk melakukan jaga jarak atau physical distancing untuk mencegah penularan virus corona (Covid – 19). Sehingga, diharapkan warga bisa melakukan banyak aktivitas dirumah dan juga menjauhi kerumunan. Namun, dengan musim mudik ini physical distancing ini tidak akan berjalan baik. Karena kebanyakan warga memilih untuk berpergian dengan angkutan umum. Pemudik akan kesulitan untuk menjaga jarak dan tidak berkontak fisik dengan orang lain.

  1. Penyebaran Covid – 19 Meningkat
READ  Sudah Bosan Dirumah Karena Wabah Virus Corona, Ini Kegiatan Seru Untuk Kamu

Pemudik bisa berpotensi sebagai virus carrier, dari daerah yang terpapar virus corona atau masuk dalam zona merah. Sehingga bisa mengancam kesehatan oranglain, termasuk keluarga dan saudara di kampung.

  1. Status ODP

Sejumlah provinsi di Indonesia seperti Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Barat, menetapkan pemudik berasal dari luar kota yang terdampak Covid – 19 sebagai ODP. Status ini mengharuskan orang tersebut untuk melakukan isolasi diri selama 14 hari setibanya orang tersebut sampai di kampung halamannya.

  1. Fasilitas Kesehatan di Daerah Sangat Minim

Fasilitas kesehatan yang minim di daerah, menjadi salah satu hal yang mengkhawatirkan. Karena tidak lengkap seperti dipusat, sehingga akan sulit nantinya untuk menangani cepat pasien terduga positif corona. Sehingga, masyarakat di himbau agar bersabar tidak melakukan mudik sampia virus corona ini tuntas dan dapat diatasi.

fasha

Related Posts

Sejarah Singkat dan Awal Mula Adanya Abang None Jakarta

Sejarah Singkat dan Awal Mula Adanya Abang None Jakarta

Sudah Bosan Dirumah Karena Wabah Virus Corona, Ini Kegiatan Seru Untuk Kamu

Sudah Bosan Dirumah Karena Wabah Virus Corona, Ini Kegiatan Seru Untuk Kamu

Makanan Kekinian Ini Dapat Membahayakan Kesehatan Kamu

Makanan Kekinian Ini Dapat Membahayakan Kesehatan Kamu

Inilah Alasan Kamu Harus Nonton Money Heist IndoXXI

Inilah Alasan Kamu Harus Nonton Money Heist IndoXXI

Kategori