Menggali Potensi Bisnis Produk Digital Di Indonesia

Menggali Potensi Bisnis Produk Digital Di Indonesia

Dunia digital memang selalu menarik untuk diperbincangkan. Hal ini karena potensi bisnis produk digital di Indonesia masih sangat menjanjikan untuk digali dan dikembangkan menjadi sebuah lahan bisnis yang mendatangkan banyak keuntungan.

Potensi Bisnis Produk Digital di Indonesia

Seiring dengan berkembangnya bisnis produk digital, saat ini bermunculan banyak model bisnis digital yang dikembangkan di Indonesia. Lantas, apa saja peluang usaha produk digital di Indonesia? Berikut ulasan selengkapnya.

E-Commerce

E-commerce menjadi produk digital paling populer di Indonesia yang potensi kedepannya akan terus tumbuh dan berkembang. Boleh dibilang, kehadiran e-commerce telah mengubah orientasi penjualan dari offline sales menjadi online sales.

Melihat grafik pertumbuhannya, potensi bisnis produk digital ini masih terbuka lebar. Sehingga, tidak ada salahnya jika Anda mencoba membuka bisnis perdagangan berbasis online ini. Bisnis digital ini juga akan terus berkembang seiring meningkatnya bisnis ritel yang menjual barang mereka secara online.

Marketplace

Selain e-commerce, dalam dunia perdagangan online, juga dikenal istilah marketplace. Memiliki fungsi sama, sebagai toko online. Bedanya, e-commerce hanya diisi satu penjual, sedangkan marketplace memiliki banyak penjual.

Bisa diibaratkan, marketplace seperti mall yang menampung banyak toko dan aneka produk. Sedangkan e-commerce seperti toko yang menjual satu produk. Contoh marketplace yang sudah populer adalah Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Lazada, dan lain-lain.

Bagi Anda yang ingin meraih peluang bisnis produk digital, jangan berkecil hati. Di Indonesia, potensi bisnis ini masih terbuka lebar. Kuncinya, Anda wajib berjiwa kreatif dan inovatif agar tidak tersingkir oleh kerasnya persaingan.

Transportasi

Potensi bisnis produk digital lainnya di Indonesia yang menarik untuk digeluti adalah layanan di bidang transportasi dan akomodasi. Anda mungkin sudah pernah menggunakan jasa layanan Go-Jek atau Grab. Bisnis startup transportasi itu sangat populer di Indonesia saat ini.

Layanan transportasi berbasis aplikasi itu kini mampu mengubah perilaku pengendara, yang semula menggunakan kendaraan pribadi kemudian pindah dengan menggunakan jasa transportasi ini yang dinilai lebih praktis.

READ  Mengapa Orang lebih Nyaman Membeli Lewat WA?

Akomodasi

Demikian juga startup akomodasi menjadi salah satu sektor bisnis produk digital yang cukup prospektif di Indonesia. Apalagi, saat ini banyak daerah mengembangkan sektor wisata, sehingga layanan akomodasi, seperti perhotelan, semakin dibutuhkan.

Nama-nama startup akomodasi, seperti Traveloka, adalah contoh bisnis produk digital yang sudah memiliki nama di bidang akomodasi. Startup ini sukses menggaet pelanggan dengan menyediakan berbagai akomodasi sesuai keinginan mereka.

Finansial

Di era kemajuan teknologi informasi, sektor finansial memiliki peran yang cukup penting dalam dunia perdagangan online. Teknologi digital semakin mempermudah nasabah bank untuk mentransfer uangnya. Demikian juga, Anda yang ingin mengajukan kartu kredit, misalnya, tidak perlu lagi datang ke kantor bank.

Transfer uang atau pengajuan kartu kredit saat ini bisa dilakukan secara online. Ini juga menjadi salah satu potensi bisnis produk digital yang layak Anda coba. Bahkan, tidak hanya bank, pegadaian pun sudah mulai memanfaatkan peluang financial technology (Fintech) ini.

Agen Digital

Potensi bisnis produk digital yang tidak kalah menarik adalah agen digital (digital agency). Agen digital saat ini kian dibutuhkan karena banyaknya pelaku usaha yang mulai beralih dari offline menjadi online.

Digital agency hadir sebagai solusi para pebisnis dalam mengatasi berbagai kesulitan, misalnya bagaimana cara memasarkan produk yang benar. Disamping itu, teknik pemasaran produk dengan SEO juga bisa dilakukan melalui agen digital.

Di bawah tangan-tangan kreatif dan inovatif, potensi bisnis produk digital di Indonesia akan semakin terbuka lebar. Anda bisa meraih keuntungan besar melalui bisnis produk digital. Kuncinya, selain kreatif dan inovatif, produk digital yang dipilih harus sesuai dengan kemampuan Anda.

Nestar

Related Posts

Mengapa Orang lebih Nyaman Membeli Lewat WA?

Mengapa Orang lebih Nyaman Membeli Lewat WA?

Kategori